Holla !

Merasakan sesuatu ?deg-degan?atau mungkin merasa terkejut melihat pipi saya? WARNING ! wabah pipi tomat merah jambu akan bereaksi selama 10 detik,efeknya adalah lo bakal senyum-senyum sendiri dan bahkan menuduh gue cantik badai,ini adalah syndrome menular(?),gunakan masker pipi sebelum membaca blog saya.Terimakasih atas perhatiannya ! hihi

Kamis, 29 September 2011

Boost Your Memory Power

 ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

End of semester is coming ! Tiba saatnya buat menghadapi ujian. Kalo pas lagi kayak gini, rasanya ada banyak banget rumus dan hafalan yang musti lo inget,iya ngga ? hehe. Need some tips to boost your memory power.
Tenang deh Anggi punya beberapa cara biar kalian ngga lupa tuh sama segala hafalan,atau rumus-rumus yang udah lo pelajarin semalem suntuk.

-----------------------------------------------------------------------------------------

Anggi ada ujian kimia hari Jumat. Kamis malemnya,Anggi terpakasa begadang buat baca materi guys.Tapi keesokan harinya, Anggi malah ngga bisa inget apa yang udah dibaca semaleman.Kenapa ?  Duduk membaca seluruh materi cuma dalam waktu semalem emang bukan cara belajar yang tepat buat menghadapi ujian.Studying for a testjust by reading over the information one time will give you a retention rate of only about 20 percent, no matter how smart you are. Tapi sayangnya, model belajar Anggi ini banyak dilakukan sama kebanyakan pelajar dunia. Jangan ditiru ya.Untung ada ayah yang selalu ngasih saran gimana cara belajar yang baik.

 Disini Anggi ! mau bagi tips-tips untuk membantu sobat muda sekalian buat mendongkrak daya ingat buat mengujian dllhadapi . Tapi inget ya, cara ini ngga bakalan efektif kalo cuma dilakuiin satu malem saja. Kalo kalian emang pengen sukses, harusnya memang dilakukakan jauh-jauh hari sebelum waktu ujian.

1 . Relax and Calm

Sebelum mengahafal materi,tenangkan diri lo. Lupaiin sebentar hal-hal yang menuhin otak. Kalo susah,coba deh lakukan beberapa teknik relaksasi, kayak memejamkan mata dan tarik nafas dalam-dalam. Soalnya, ingatan bisa tersimpan lebih lama saat seseorang lagi santai.

2 .  Repetition

Repetition is of the most powerful techniques. Mengulang-ulang emang cara paling top markotop deh buat menanamkan informasi kedalam ingatan. Gunakan berbagai macam repetisi,mulai dari menuliskannya,mengucapkan keras-keras,atau direkam dan didengar berulang-ulang. Makin sering mengulang, makin tersimpan pula informasi ke memori jangka lo.


3 . Use Acronyms

Penggunaan huruf pertama sebagai petunjuk mengingat kata jyga bisa dicoba lho. Bikin akronim untuk mempermudah menghafal materi. Kelemahan strategi ini adalah, kamu bisa aja inget, singkatannya tapi lupa kepanjangannya. Buat mengatasinya, coba hubung-hubungin hal yang mau kamu inget dengan benda-benda disekitarmu.

4 . Drink enough fluids

Pastiin kamu minum cukup air. Dehydration can harm your ability to store new memories. Kadang kita ngga sadar kalo lagi dehidrasi. Sering-sering meminum segelas air suapaya pikiran kita bisa bekerja lebih baik. Jus apel bisa meningkatkan daya ingat lho. Hindari minuman bersoda. Soda memang bisa mengingatkan kemampuan otak, tapi habis itu lo bakalan cepet lupa dan juga bakalan cepat ngerasa capek.


5 . Schedule your study time

Tiap orang gue yakin punya jam belajar efektif masing-masing. Ada yang nyamannya belajar malem, ada juga yang lebih suka belajar siang. Study when you're most productive. Ketahui juga rentang waktu belajar efektif lo guys. The longer we study , our brains tend to remember less. Kalo waktu efektifmu dua jam, buat jadwalbelajar dengan jeda 15 menit tiap dua  jam. Setelah rehat, baru deh lo lanjutin lagi acara belajar lo.

6 . Sleep right after studying

Waktu gue browsing gue baca tuh uda banyak penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tidur dan proses pembelajaran. Selama tidur, otak lo bakalan menyimpan memori tentang informasi yang baru lo peroleh. Jadi sehabis belajar, jangan nonton TV,baca majalah,dll. Langsung tidur aja. Studies have shown sleeping between studying and testing in  the best way to do well on test. Kalo kurang tidur, otak lo ngga bisa bekerja maksimal,apalagi ingat-mengingat.


7 . Exercise regularly

Kalo kadar oksigen di otak rendah, konsentrasi jadi terganggu. Tentunya bakal susah juga buat inget informasi lama dan nambah informasi baru.. Nah hal ini bisa diatasi kok,jangan khawatir.Cara ngatasinnya dengan berolahraga. Olahraga meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak lo. Make sure you get moving every day. Sekitar 30-40  menit aja,buat jogging, renang, nge-dance, atau aktifitas fisik lainnya yang lo suka.

8 . Take medicine only if required

Menurut keterangan beberapa dokter, ada beberapa jenis obat yang bisa menurunkan daya ingat. Obat-obatan ini antara lain adalah antidepressant, antihistamin, dan berbagai jenis obat darah tinggi. Kalo lo emang butuh banget obat-obatan itu, minta saran dan resep dokter dulu. Jangan lupa juga untuk tanya efek sampinya.


Memory-Boosting Food

Menurut berbagai sumber ni guys, Anggi udah menyimpulkan beberapa makanan yang mampu membantu lo buat meningkatkan daya ingat lo.

1.Fish : Asam lemak omega 3 bagus banget guys buat perkembangan fungsi otak. Karena ikan kaya akan omega-3, terutama Salmon dan Tuna. Kalo ngga suka ikan gimana nggi ? kalo ngga suka ikan Anggi saranin buat ngegantinya dengan suplemen minyak ikan.




 
2 .Nuts : Kacang mempertahankan energi dan kemampuan berfikir. Konsumsi deh kacang merah dan kacang pinto yang lebih banyak omega-3 nya guys, di banding kacang-kacang yang lain.







3 .Eggs : Siapa sih yang ngga tau kalo telur kaya protein ! Kuning telur juga mengandung kolin yang berguna banget buat mempertaja, daya ingat.










4 .Berries : Bluberry,strawberry, dan cherry punya antioksidan yang melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Bijinya juga kaya omega-3.Mereka yang mengkonsumsi ekstrak blueberry dan strawberry terbukti mengalami perbaikan funsgi daya ingat.







5 .Chocolate : Milk Chocolate meningkatkan memori verbal dan visual, dan dark chocolate kaya akan flavanol yang melancarkan peredaran darah ke otak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Respon dari yang udah baca Entri Anggi diatas !